10 Tips Jitu Membuat Photo Lebih Tajam dan Detail


Dalam sebuah seni fotografi, terkadang terdapat beberapa orang yang kurang memperhatikan teknik pengambilan foto yang baik. Bahkan ada beberapa orang yang masih awam yang kurang paham akan ketajaman foto yang berpengaruh pada output foto nantinya.

Ada banyak sekali orang yang hobi fotografi namun kurang paham akan beberapa trik yang dapat dipakai agar foto terlihat lebih tajam. Berikut ini kami bagikan beberapa trik membuat foto menjadi lebih tajam dengan cara yang mudah dilakukan. Simak ulasannya berikut :

5 Tips Jitu Membuat Photo Lebih Tajam dan Detail Trik

Menggunakan Kamera Yang Bagus

Salah satu yang cukup berperan penting dalam menghasilkan sebuah photo yang detail adalah kamera, apabila menggunakan kamera yang bagus tentu photo yang dihasilkannya juga bagus, dengan beberapa teknik foto dan setup untuk menghasilkan detail seperti cahaya yang cukup, editing dan lain-lain.

Menggunakan Tripod

Tripod sangat berguna untuk menghasilkan foto yang tajam karena terkadang posisi kita dalam memegang kamera mengakibatkan kamera menjadi bergoyang dan bergerak. Hasilnya, foto kita menjadi blur atau kurang tajam.

Jika anda membidik obyek menggunakan tripod tentunya akan lebih “anteng” sehingga hasil foto menjadi lebih baik dan tentunya lebih tajam. Anda bisa menyimak beberapa alasan mengapa tripod berguna dalam menghasilkan foto yang tajam pada beberapa artikel yang tersebar di dunia maya.

Kepala tripod mempunyai peran yang sama penting dengan badan tripod. Kepala tripod yang kompatibel dan pas pada papan kunci tripod akan membuat tripod anda semakin mantap untuk digunakan dan meminimalisir adanya gerakan atau shaky yang menggoncang kamera anda saat melakukan pemotretan.

Pegang Kamera dengan Benar

Jika anda terpaksa tidak menggunakan tripod, maka anda harus memperhatikan cara memegang kamera yang baik dan benar agar kamera tertata lebih stabil dan tidak gampang bergoyang demi hasil foto yang tajam dan menarik.

Beli Lensa Terbaik Sesuai Kemampuan

Ketajaman foto juga dapat dipengaruhi dari jenis lensa yang dipakai. Lensa terbaik yang enteng di kantong dan berguna untuk ketajaman foto adalah lensa 50mm.

Gunakan Depth of Field yang Cukup

Jika semua cara sudah anda coba dan foto masih kurang tajam, maka anda harus mengatur depth of field dengan memanfaatkan tombolnya yang ada di kamera untuk memeriksa.

Letakkan Fokus di Tempat yang Tepat

Saat memotret anda harus paham dengan obyek yang dibidik. Ketahuilah titik kritis dari obyek foto anda agar terlihat tajam dan letakkan focus tersebut ditempat yang tepat.

Aktifkan Stabilizer

Fitur ini tersedia di lensa maupun menempel di kamera. Perhatikan juga mengenai IS/VR yang perlu disesuaikan saat anda memakai tripod dan mengaktifkan fitur ini.

Gunakan Kabel Rilis

Kabel rilis dipakai agar kita tidak perlu lagi menekan tombol shutter pada kamera dengan tangan yang akan mengurangi efek goncangan pada kamera saat membidik obyek. Kabel ini bisa berbentuk kabel fisik yang menempel langsung ke kamera ataupun nirkabel yang lebih canggih.

Manfaatkan Timer

Timer berguna bagi anda yang tidak punya tripod dan belum mempunyai kabel rilis. Semua jenis kamera biasanya selalu dibekali dengan fitur timer ini.

Mirror Lock Up

Setiap kamera DSLR biasanya dbekali dengan mirror yang berguna untuk menampilkan gambar di viewfinder agar kamera tidak bergoyang saat kamera mengambil exposure. Aktifkan fitur ini agar bisa berpengaruh pada ketajaman gambar.

 

 

 

 

Dari beberapa trik yang telah disebutkan tadi, masih banyak trik yang harus anda perhatikan seperti gunakan shutter speed yang memadai, memperhatikan pencahayaan, memanfaatkan live view, membersihkan dan merawat lensa, mempelajari berbagai macam trik memotret, menggunakan lensa pada sweet spotnya, mendorong ISO, memperhatikan diopter adjustment, serta memanfaatkan sharpening.

kamera123.com
Review
5
/* */