Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR


Shutter Count merupakan jumlah total berapa kali tombol shutter di kamera anda telah dipencet dan menghasilkan output berupa foto. Ada beberapa keuntungan yang didapat jika anda mengetahui shutter count kamera, yaitu :

  • Anda akan tahu kapan kamera masih dapat bekerja dengan baik. Shutter count sama dengan hitungan kilometer yang ada dalam speedometer motor maupun mobil.
  • Kamera, sama halnya dengan barang mekanis lainnya yang mempunyai keterbatasan usia. Ketika sebuah kamera sudah mencapai batas shutter count tertentu, maka kamera tersebut akan memiliki gangguan mekanisme fungsi atau bisa dibilang kerusakan. Standar kamera DSLR yang baik adalah mencapai shutter count sekitar 100.000 yang artinya mampu menghasilkan 100.000 foto.
  • Berguna saat anda memutuskan untuk membeli kamera bekas. Tentunya kamera bekas mempunyai risiko yang lebih besar dibandingkan kamera baru. Maka dari itu anda bisa meminimalisir risiko tersebut dengan mengecek shutter count kamera yang akan anda beli.

Lalu, bagaimana cara mengecek jumlah shutter count yang ada di kamera anda? Ada salah satu cara yang dapat digunakan yaitu memakai EXIF Viewer Online. Anda tidak perlu membayar karena aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dengan penggunaan yang simpel dan mudah. Caranya, anda tinggal mengupload foto sampel hasil bidikan kamera DSLR anda yang ingin diketahui shutter countnya, kemudian program akan otomatis menghitung berapa jumlah shutter count kamera anda.

Adapun cara kerjanya cukup simpel. Pertama anda harus membuka website http://exif.regex.info/exif.cgi dan kemudian klik choose file. Setelah kotak dialog muncul, pilih foto yang telah anda simpan di komputer atau laptop dan klik OK. Setelah itu klik view image from file dan tunggu beberapa detik agar program bekerja dengan caranya.

Kemudian akan muncur deretan data EXIF yang menampilkan beberapa informasi. Untuk mengetahui jumlah shutter count, tarik scroll bar ke arah abwah dan gunakan fitur search atau find dari browser anda dan ketikkan kata “shutter count”. Jika shutter count menunjukkan angka 1509, itu artinya kamera anda telah dipencet sebanyak 1509 kali saat menghasilkan foto yang anda upload tadi.

Anda juga bisa mendownload beberapa program khusus yang mempunyai kegunaan untuk menampilkan dan melihat data EXIF. Beberapa program tersebut diantaranya adalah :

  1. EOS Info, dimana program ini dinilai paling akurat untuk mengetahui jumlah shutter count dari sebuah kamera SLR khususnya Canon (EOS) dan hanya dapat dioperasikan pada sistem windows saja.
  2. Opanda Exif Viewer, dimana program ini juga hanya dapat dioperasikan pada sistem windows saja.
  3. Jika anda menggunakan Mac, maka anda bisa mendownload iExifer dengan membayar sejumlah uang sebesar kira kira Rp 30.000,00 yang dibeli dari Mac App Store. Namun ada juga program gratis yang tersedia untuk pengguna mac bernama Simple Exif Viewer yang bisa anda temukan dengan mudah di internet.

Nah, demikian cara mengetahui jumlah shutter count yang ada di kamera DSLR anda. Pastikan selalu untuk mengecek shutter count ini agar fungsi dari kamera DSLR anda dapat tetap berjalan maksimal.

Jika memang shutter count anda telah mencapai batas maksimal dan tiba tiba terdapat kerusakan atau gangguan sistem dalam kamera anda, kami sarankan untuk membawanya ke tempat servis kamera dan menanyakan kelanjutan fungsi kamera anda.

Rawatlah barang elektronik yang anda punya sebaik mungkin karena saat ini harga barang elektronik baru sudah jauh lebih mahal dan kebanyakan dari mereka mempunyai purna jual yang kurang baik alias harganya menjadi turun sangat jauh dari harga beli. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

kamera123.com
Review
5
/* */