Tips Belajar Fotografi Untuk Pemula Yang Sederhana


Dari sekian banyak pembaca artikel ini pasti sebagian besar mengaku sebagai fotografer pemula dan sedang mencari tips belajar fotografi untuk pemula. Kebanyakan pemula biasanya tertarik dalam dunia fotografi karena kesadaran sendiri, sebagai hobi, maupun terpengaruh ajakan teman dan menemukan passionnya dibidang tersebut.

Baik anda pemula maupun sudah expert tentunya anda masih perlu belajar dan terus belajar serta sharing dengan sesama peminat fotografi agar wawasan anda semakin bertambah. Bagi anda yang masih pemula, jangan minder dan takut bergabung dengan mereka yang lebih expert. Dari berbagai sharing yang dilakukan nantinya akan tercipta suatu pertukaran ide dan pokok pikiran demi kemajuan dunia fotografi, khususnya di Indonesia.

Ada banyak sekali artikel di internet yang mengulas tentang tips dan trik belajar fotografi untuk pemula. Kesemuanya bisa membantu anda dalam memahami konsep dasar dalam dunia fotografi. Setelah selesai membaca artikel tentang fotografi tersebut bukan berarti anda akan otomatis menjaadi mahir dalam fotografi. Diperlukan latihan yang cukup dan mental yang bagus demi menjadi seorang fotografer profesional yang karyanya diakui oleh banyak orang.

Tips Belajar Fotografi

Ada beberapa pokok penting dalam dunia fotografi yang seharusnya sudah anda mulai cari informasinya semenjak pertama anda tertarik terjun ke dunia fotografi. Di awal, anda sudah harus mencari informasi tentang seluk beluk kamera baik itu kamera digital, mirrorless, maupun DSLR berikut settingan dan fitur fiturnya. Anda harus belajar mengenai cara menggunakan beberapa mode yang disediakan oleh masing masing jenis dan tipe kamera agar maksimal dalam penggunaannya.

Anda perlu tahu dan paham mengenai aperture, EXIF data, white balance, serta istilah istilah asing lainnya dalam dunia fotografi agar semakin menguasai teknik fotografi yang canggih. Setelah itu anda harus mulai mencari tahu tentang prinsip dasar dari exposure dan konsep fotografi pemula yang mudah untuk diikuti. Anda juga harus mengetahui serta paham mengenai hubungan tiga komponen utama dalam kamera yaitu ISO, shutter speed, dan juga aperture yang sangat berpengaruh pada hasil foto anda.

Lebih dari itu, anda harus paham dan mengerti tentang konsep ISO, konep shutter speed yang berkaitan dengan capturean foto, serta memahami aperture, depth of field, stop, dan segitga exposure. Kesemuanya dapat dengan mudah anda dapatkan bahannya di internet. anda tinggal ketikkan keyword yang sedang anda ingin baca seperti “pengaturan ISO dalam kamera DSLR”, maka akan muncul banyak sekali artikel yang berkaitan dengan tema tersebut.

Setelah itu, anda juga perlu banyak mencari tahu tentang lensa dan perbedaannya antara sekian banyak jenis lensa yang tersedia, seperti lensa fix, lensa fisheye, lensa kit, lensa tele, dan masih banyak lagi. Bahkan sampai dengan kode singkatan dalam kamera Canon dan Nikon pun harus anda pahami agar anda tidak merasa kebingungan.

Yang terpenting, anda juga harus paham dan mengerti cara mengoperasikan serta merawat kamera digital yang nantinya akan menjadi media belajar anda. Anda bisa membaca beberapa artikel yang berkaitan dengan cara memegang kamera yang baik, memencet tombol shutter agar tidak terlalu banyak goncangan, menyimpan lensa dan kamera, mengganti lensa, dan tambahan tambahan lainnya yang berkaitan dengan dunia fotografi.

Jika anda mempunyai waktu luang, agar lebih menghayati dalam belajar fotografi, anda bisa mencari tahu tentang sejarah seni fotografi dan biografi dari para fotografer yang terkenal baik di Indonesia maupun dunia. Kesemuanya dilakukan agar anda semakin bersemangat dan semakin tertarik terjun di dunia fotografi. Dunia seni fotografi jika mampu anda tekuni, bisa menjadi salah satu ladang rezeki yang dapat menunjang kebutuhan anda loh. Tidak percaya? Silahkan anda coba untuk belajar terlebih dulu dan buktikan.

kamera123.com
Review
5
/* */