Pengertian Kamera Mirrorless

Nilai Artikel Ini

Anda pasti tidak asing dengan istilah kamera mirrorless. Terlebih lagi saat anda memutuskan untuk membeli kamera. Pertimbangan yang banyak diambil oleh orang orang adalah beli kamera pocket nangung sedangkan membeli DSLR terlihat lebih keren namun budget pas pasan.

Body kamera DSLR yang besar bahkan seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang. Maka dari itu, jenis kamera mirrorless menjadi solusi bagi anda.

Pengertian Kamera Mirrorless adalah kamera yang tidak mempunyai cermin dan jendela optik layaknya sebuah kamera DSLR. Meskipun begitu, kualitas gambarnya setara dengan kualitas gambar hasil jepretan DSLR karena image sensor yang digunakan sama sama besar. Berdasarkan hal tersebut, ukuran kamera mirrorless menjadi lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan kamera DSLR. Layaknya DSLR, kamera mirrorless pun bisa diganti dengan lensa lensa tertentu sesuai kebutuhan.

Awalnya, kamera mirrorless dibuat dari sebuah pemikiran untuk memperkecil dan menyederhanakan ukuran kamera dan juga lensa. Alasannya, bobot dan ukuran kamera DSLR berikut lensanya terlalu besar dan berat bagi sebagian orang serta terlalu menarik perhatian saat digunakan di area publik.

Sayangnya, kamera DSLR ini sudah tidak bisa lagi dibuat menjadi lebih kecil karena adanya cermin dan prisma di dalam bodynya. Cermin inilah yang menjadi modal utama pengoperasian kamera DSLR, sedangkan prisma dipakai untuk melihat apa yang dilihat dari lensa bidik optik yang terdapat dalam tiap tiap kamera DSLR.

Cara kerja kamera mirrorless tentunya berbeda dengan kamera DSLR karena tidak adanya komponen cermin dan prisma di dalamnya. Konsekuensi dari hal tersebut adalah dihilangkannya viewfinder atau jendela bidik optik yang biasa terdapat di kamera DSLR.

Maka dari itu, anda hanya bisa membidik obyek melalui live view yang dapat dilihat melalui LCD yang telah disediakan dengan prinsip kerja layaknya prisma dalam kamera DSLR.

Dampaknya adalah, sensor terus bekerja mengolah apa yang diterima dari lensa dan menguras baterai dari kamera anda. Sedangkan, dalam kamera DSLR anda bisa membidik obyek menggunakan viewfinder dan sensor hanya akan bekerja saat anda menekan tombol shutter.

Perbedaan utama antara DSLR dengan mirrorless adalah keberadaan kaca atau mirror atau pentaprisma yang tertanam di dalam body kamera. Di kamera DSLR, kaca ini mempunyai fungsi memantulkan cahaya yang masuk ke lensa ke viewfinder. Maka dari itu pengguna bisa melihat obyek yang dibidik sebelum menekan tombol shutter. Saat shutter ditekan, maka mirror akan melakukan flip up agar cahaya menembakkan image sensor.

Sedangkan kamera mirrorless menghilangkan mirror atau pentaprisma tersebut. Hal ini berdampak pada ukuran kamera yang lebih kecil. Live viewnya menyatu dengan LCD layaknya sebuah pocket camera.

Masalah kualitas, tentunya kedua jenis kamera ini mampu bersaing dengan ketat. Kelebihan dari mirrorless adalah kemampuannya dalam mengambil gambar lebih cepat dibanding dengan DSLR karena pantulan gambar langsung mengenai sensor tanpa harus melalui cermin atau pentaprisma terlebih dulu.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah, kembali lagi pada kebutuhan dan budget yang anda punyai. Jika anda adalah fotografer profesional yang membutuhkan banyak sekali varian lensa serta aksesoris pendukungnya serta budget yang berlebih, maka DSLR lebih tepat bagi anda.

Namun, bagi anda yang tidak ingin terbebani dengan body dan ukuran kamera yang besar serta ingin kamera yang lebih simpel namun mampu menghasilkan gambar yang cantik dan berkualitas sama dengan DSLR, maka kamu disarankan untuk membeli mirrorless saja.

kamera123.com
Review
5
/* */