Kelebihan Kamera Mirrorless

Nilai Artikel Ini

Jika melihat dari sisi rancangan, tentunya kamera jenis DSLR mempunyai beberapa kelemahan. Kelemahan pertama adalah kamera ini pada awalnya memang dirancang menggunakan roll film. Saat teknologi digital merambah ke dunia fotografi, digital disematkan pada body kamera DSLR dan diperlakukan sama layaknya sebuah roll film.

Konstruksi dasar dari kamera DSLR tidak lantas diubah menjadi fdigital, kecuali ruang film yang digantikan dengan sensor dan perubahan pada sirkuit elektronik dan penambahan slot memory. Sehingga DSLR relatif sama dengan SLR yang sudah dirilis sejak beberapa dekade lalu. Mekanisme cermin pun tetap sama, keberadaan pentaprisma juga masih sama, bahkan sistem operasi autofocus dan sistem phase detection pun juga sama.

Meskipun dalam perkembangannya, kemajuan teknologi akhirnya ditambahkan menjadi sebuah fitur baru dalam DSLR seperti edit pada kamera, HDR, GPS, dan Wifi built in. Hal tersebut tidak lantas merubah bentuk dari kamera DSLR menjadi sangat berbeda dari awal rilis produknya sejak puluhan tahun lalu.

Ada beberapa alasan mengapa bentuk dan ukuran kamera DSLR menjadi lebih besar dibandingkan jenis kamera lainnya. Pertama karena adanya cermin yang tersemat dalam bodynya. Kemudian adanya pentaprisma yang dipakai untuk mengubah sinar pada viewfinder yang ukurannya sama dengan ukuran sensor sehingga bagian atas DSLR menjadi tampak besar.

Dan yang terakhir, adanya keinginan pembuat kamera agar lensa lama tetap dapat dipakai pada kamera DSLR baru sehingga mau tidak mau kamera DSLR modern masih tetap harus mempertahankan jarak anatra mount kamera ke sensor agar panjang focal lensa bisa tetap sama.

Alasan alasan tersebut tentunya bagi sebagian orang menjadi sebuah kekurangan yang mendorong mereka untuk berpaling dari kamera DSLR di samping kegunaannya yang lebih baik dibandingkan jenis kamera lainnya.

Alasan tersebut juga mengilhami para pencipta dan penemu untuk menciptakan sebuah produk di bidang fotografi yang mengakomodir kekurangan yang dimiliki oleh kamera DSLR yang berkaitan dengan volume dan ukurannya yang besar.

Maka dari itu diciptakanlah kamera mirrorless yang menghilangkan bagian cermin dan juga pentarprisma dari sebuah kamera. Inilah yang menjadi asal mula penamaan kamera mirrorless (tanpa kaca).

Kelebihan Kamera Mirrorless

Penjualan kamera mirrorless terbukti sangat bagus dan berkembang pesat karena para produsen mulai dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat akan sebuah kamera yang mempunyai output tidak kalah dengan DSLR namun lebih ringan, simpel, dan efektif.

Beberapa Kelebihan Kamera Mirrorless diantaranya adalah, yang pertama ukurannya lebih ringkas dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan dari DSLR.

Hal ini dikarenakan hilangnya susunan cermin dan pentaprisma yang terlalu banyak menyita ruang. Kedua, tanpa adanya cermin yang selalu mengayun, tentunya membuat kamera mirrorless lebih senyap, mengurangi shaking kamera, serta tidak ada kolom udara yang bergerak sehingga meminimalisir debu yang masuk ke dalam kamera dan terbang kemana mana.

Hal ini juga berdampak pada fps yang jauh lebih tinggi karena tidak melibatkan komponen yang bergerak dan juga mampu menekan harga.

Ketiga terdapat live preview yang menganalogikan dan memperlihatkan gambar yang sama persis dengan hasil foto di akhir. Apa yang anda lihat pada preview tentunya adalah apa yang nantinya akan anda peroleh setelah menekan tombol shutter.

Anda pun dapat dengan mudah menyetting white balance, ISO, dan pengaturan lainnya. Keuntungan terbesar yang keempat adalah adanya viewfinder elektronis (EVF) yang bisa ditumpuk dengan informasi lain. meskipun EVF ini masih dirasa kurang responsif, namun seiring dengan perkembangan teknologi pasti akan muncul penyempurnaannya.

Beberapa kelebihan tersebut tentunya juga diiringi dengan kekurangan kekurangan tertentu. Terlepas dari hal tersebut, tentunya keberadaan kamera mirrorless mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat akan sebuah kamera yang punya output sangat baik dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih simpel sehingga efektif dan efisien untuk digunakan. Sekian artikel dari kami, jangan lupa di share. Terimakasih.

kamera123.com
Review
5
/* */