10 Tips Cara Merawat Kamera DSLR Yang Benar


Cara Merawat Kamera Dslr –¬†Sudah menjadi aturan bahwa jika anda mempunyai barang elektronik khususnya kamera digital berupa DSLR berarti anda harus siap dengan segala macam perawatannya.

Kamera tentunya bukan barang hidup yang bisa merawat dirinya sendiri setelah digunakan. Maka dari itu, kamera ini sangat membutuhkan perawatan agar lensa dan bagian bagian lainnya bersih dari debu dan kotoran kotoran yang dapat mengganggu kinerjanya.

Perawatan kamera yang baik dan benar tentunya bisa memperpanjang umur dari perangkat tersebut.

kamera DSLR yang selalu dipakai tentunya akan selalu mendapat kontaminasi berupa debu maupun kotoran kotoran kecil lainnya, apalagi jika kamera DSLR hanya dibiarkan teronggok tanpa digunakan, pastinya debu yang menempel akan semakin banyak.

10 Tips Cara Merawat Kamera DSLR Yang Benar

Cara Merawat Kamera DSLR

Nah, jika anda mempunyai unit kamera DSLR maka anda harus mengetahui dan mempraktikkan 10 cara merawat kamera DSLR yang benar berikut ini :

1. Jauhkan kamera dari air

Meskipun DSLR diklaim sebagai kamera weather sealed, namun anda tetap harus mengusahakan agar kamera ini dijauhkan dari air. Pada dasarnya kamera ini sangat sensitif terhadap air karena air dapat merusak komponen internal dari kamera DSLR anda. Sisa air yang mengendap pun dapat berpengaruh pada lensa karena biasanya menimbulkan embun pada lensa yang mengganggu kinerjanya.

2. Jaga selalu kebersihan lensa kamera

Cara membersihkan lensa kamera adalah menggunakan cleansing kit yang dapat anda beli dengan mudah di toko kamera. Jangan langsung menyemprotkan cairan ke lensa, pakailah lap microfiber dan usapkan lembut pada lensa kamera. Pasang juga lens cap agar lensa kamera terhindar dari sidik jari dan debu yang menempel.

3. Gunakan tas khusus

Hal ini wajib diikuti karena biasanya tas khusus kamera dilengkapi dengan bantalan khusus yang dapat menjaga unit kamera anda dari segala macam benturan. Di dalam tas tersebut biasanya tersedia ruangan ruangan khusus untuk menyimpan lensa, charger, filter, dan unit lainnya yang menjadi aksesoris kamera anda.

4. Pasang pelindung layar pada LCD

Sama halnya dengan ponsel, kamera DSLR juga mempunyai LCD yang rawan goresan. Maka dari itu sebisa mungkin anda memasang screen guard agar layar LCD dapat tetap terlindungi baik dari debu maupun rembesan air. Harga pelindung layar untuk kamera DSLR memang murah, namun banyak pecinta fotografi yang kurang concern terhadap hal ini.

5. Bersihkan body kamera secara berkala

Usahakan anda membersihkan body kamera DSLR anda secara berkala dengan minyak kayu putih maupun cairan pembersih lainnya. Jangan pernah menyemprotkan minyak kayu putih atau cairan pembersih lainnya langsung ke unit kamera karena berbahaya, maka dari itu gunakan kain halus dan poles lembut ke seluruh body kamera. Bersihkan juga bagian karet ring zoom dan ring focus pada lensa.

6. Pasang filter pada lensa

Pemasangan UV filter berguna untuk melindungi lensa dari pengaruh buruh dari sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Selain itu, keberadaan filter juga berguna untuk mencegah masuknya kotoran dan debu yang menempel di lensa. Filter juga perlu dibersihkan dengan hati hati sesekali karena fungsinya sama dengan lensa, gunakan kain halus untuk membersihkan filter ini.

7. Pasang lens hood

Lens hood berfungsi untuk mencegah cahaya berlebih masuk ke dalam sensor kamera yang bisa mengurangi kepekaan sensor kamera. Maka dari itu, ada baiknya anda memasang lens hood serta UV filter demi umur panjang sensor kamera dan unit kamera anda.

8. Perhatian perawatan baterai

Jangan biarkan baterai kamera tersimpan dalam ruangan bersuhu ekstrem mencapai 43 derajat agar tidak menurun kualitasnya. Selain itu, anda juga tidak boleh terlalu sering menggunakan kamera hingga keadaan baterainya kosong total agar tegangannya tidak anjlok dan bisa tetap awet.

9. Gunakan shoulder strap

Shoulder strap atau tali kamera sangat membantu anda saat mengambil foto karena anda tidak akan pernah tahu apa saja hal yang akan terjadi saat anda asyik membidik obyek dengan kamera. Tentunya tali ini menjaga kamera agar tidak jatuh dan lepas dari genggaman anda.

10 Simpan kamera pada dry box

Terakhir, jika kamera DSLR anda tidak digunakan, simpanlah ke dalam dry box agar mendapat perlindungan dari perubahan suhu yang esktrem. Kotak ini akan menjaga kamera agar tetap kering dan terhindar dari kelembapan yang dapat merusak komponen internal. Selain itu, dry box berfungsi juga melindungi kamera agar tidak berjamur.

Itulah tadi cara merawat kamera DSLR yang harus anda ikuti dan praktikkan agar kamera tetap awet dan bersih yang dapat mendukung kinerjanya tetap optimal. Memang, merawat kamera DSLR gampang gampang sulit, namun hal tersebut merupakan sebuah kewajiban bagi pemilik kamera DSLR.

kamera123.com
Review
5