10 Teknik Pengambilan Gambar / Foto Untuk Pemula Fotographer

10 Teknik Pengambilan Gambar – Memotret atau mengambil gambar pada bidang fotografi merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan. Namun, memotret gambar agar mendapatkan hasil yang bagus dan memukau tidak banyak orang yang bisa melakukannya.

Untuk mewujudkannya tak hanya diperlukan kamera dengan fitur yang lengkap dan canggih. Selain kemampuan ada hal lain yang dibutuhkan agar menghasilkan gambar yang bagus, yaitu beberapa teknik khusus yang harus dilakukan dan dipenuhi, demi mendapatkan hasil berkualitas, bagus, memukau dan terlihat menarik.

Belajar fotografi memang tidak semudah kelihatannya, tetapi fotografi adalah ilmu sekaligus seni yang menarik untuk dipelajari. Pasalnya, ada banyak orang yang ingin mengembangkan kemampuan mereka di dunia fotografi walaupun hanya beberapa dari mereka yang sukses melakukannya, hingga berprofesi menjadi seorang fotografer profesional.

Semua itu tak akan menjadi hal yang mustahil untuk diwujudkan jika kita mempunyai kemampuan keras untuk terus belajar, mengeksplorasi banyak hal dan tak pernah berhenti untuk bereksperimen. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa ada teknik-teknik tertentu yang dapat dilakukan untuk menghasilkan gambar berkualitas.

Alangkah baiknya, jika sebelum belajar teknik-teknik tersebut belajar mengenal fitur-fitur yang dimiliki oleh kamera yang akan digunakan. Hal ini sangat penting dilakukan oleh pemula agar tidak merasa kebingungan saat menggunakan kamera canggih dengan banyak fitur.

Kemudian, barulah bisa mempelajari teknik dasar fotografi seperti, bagaimana tata cara memegang kamera dengan baik dan benar, bagaimana cara menggunakan fokus lensa kamera serta mempelajari teknik-teknik dasar lainnya.

Meskipun teknik-teknik fotografi tersebut bisa dipelajari dalam sekolah khusus fotografi, namun teknik tersebut bisa dilakukan dengan arahan fotografer profesional dan bisa juga dipelajari sendiri dengan terus melakukan eksperimen atau percobaan.

Bagi pembaca yang merupakan seorang fotografer pemula, pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi mengenai 10 teknik pengambilan gambar wajib bagi seorang pemula fotografer. Teknik ini harus diterapkan, jika ingin mendapatkan hasil gambar yang baik, menarik dan berkualitas.

Dengan mengambil informasi dari canon-asia.com, diketahui 10 teknik pengambilan gambar wajib bagi seorang pemula fotografer yang diantaranya adalah sebagai berikut :

10 Teknik Pengambilan Gambar Untuk Seorang Pemula Fotographer

  1. Menemukan Sudut yang Berbeda

Teknik pengambilan gambar pertama yang harus dilakukan adalah menemukan sudut yang berbeda. Biasanya, foto yang menonjol diambil dari sudut pengambilan gambar yang menarik. Pengambilan gambar dengan sudut tinggi bisa membuat objek terlihat lebih datar, tetapi jika pengambilan gambar dilakukan dari sudut rendah maka objek akan terlihat lebih megah dan impresif. Semua itu memang tergantung pada sudut mana yang dipilih oleh fotografer.

  1. Menggunakan Aturan Sepertiga

Tak hanya kegiatan memasak yang memerlukan komposisi, kegiatan fotografi juga harus memperhatikan komposisi yang tepat salah satunya dengan menggunakan aturan sepertiga. Aturan sepertiga adalah pedoman yang digunakan untuk penempatan objek dalam frame kamera. Pasalnya, seorang fotografer memang tidak dianjurkan untuk selalu menempatkan objek gambar di bagian tengah frame karena akan terlihat membosankan.

  1. Memanfaatkan Tripod

Untuk menghasilkan foto berkualitas diperlukan sebuah tripod yang berguna untuk landscape di malam hari. Tripod juga memungkinkan fotografer untuk melakukan pemotretan dengan shutter speed yang lebih lambat, sehingga dapat menangkap lebih banyak gambar yang menarik.

  1. Foto HDR (High Dynamic Range)

Kebanyakan kamera kelas atas telah dilengkapi dengan mode HDR, sehingga akan lebih muda menghasilkan foto berkualitas. Namun, bagi fotografer yang tidak menggunakan kamera berkelas bisa menghasilkan foto HDR secara manual, yaitu dengan menggabungkan exposure dan tripod.

  1. Menggunakan Lensa Cepat

Menggunakan lensa cepat memberikan banyak keuntungan bagi fotografer. Pasalnya, semakin cepat lensanya, semakin tipis pula kedalaman ruanganya karena kedalaman tersebut mengacu pada rentang jarak yang muncul dari ketajaman yang diterima oleh hasil foto. Dengan menggunakan lensa yang lebih cepat, fotografer dapat memastikan guncangan yang lebih kecil dengan shutter speed yang lebih cepat.

  1. Menggunakan Filter Neutral Density (ND) Variabel

Pada umumnya filter ND variabel dapat disesuaikan dengan mengubah intensitas panjang gelombang atau warna cahaya yang sama dan tanpa mengubah warna dari penafsiran warna. Dengan menggunakan filter ini, seorang fotografer dapat mempertahankan lensa pada diafragma yang paling lebar dengan kecepatan shutter speed yang lambat dalam cahaya di siang hari.

  1. Menggunakan Lensa Makro

Lensa makro berguna untuk pengambilan foto close-up yang ekstrim dan biasanya objeknya berukuran sangat kecil. Ketika menggunakan lensa makro, fotografer akan membutuhkan tripod untuk melakukan pemotretan makro yang pas karena memang sulit untuk mendapatkan fokus dari objek yang sangat kecil. Namun, jika tidak bisa mendapatkan lensa makro cobalah dengan mencari extension tube atau tabung tambahan dan bisa juga dengan menggunakan lensa close-up 500D.

  1. Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin (Waktu Emas)

Seorang fotografer harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin (waktu emas), yaitu tepat setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam. Fenomena alam dari landscape matahari tersebut dapat dijadikan sebagai moment yang berharga yang disebut dengan waktu emas, karena tidak bisa terulang kembali sesuai dengan keinginan. Hal ini disebabkan karena pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam merupakan objek yang menarik untuk diabadikan.

  1. Menggunakan Latar Depan

Terkadang lebih menarik jika memutuskan untuk menggunakan latar depan ke dalam foto landscape daripada menambahkannya pada beberapa kedalaman dan karakter pemotretan. Cobalah untuk menjauhkan tripod dan letakkan kamera di atas tanah dengan sudut yang lebar, kemudian gunakan pasir, rumput dan batu untuk membuat hasil yang gambar yang terlihat lebih dramatis.

  1. Bersenang-senang dengan Melakukan Eksperimen

Yang terakhir, bersenang-senanglah dengan melakukan eksperimen untuk melatih kemampuan dari teknik-teknik yang sudah dikuasai. Janganlah takut untuk berinovasi dan terus mencoba, agar mendapatkan sebuah gambar yang memukau dan diluar dugaan.

Jika ingin mendapatkan hasil bidikan gambar yang bagus, menarik dan memukau maka cobalah untuk menerapkan 10 teknik pengambilan wajib bagi seorang pemula fotografer ini. Terus kembangkan kemampuan dengan terus mencoba dan belajar.

kamera123.com
Review
5