Tips Membeli Kamera Dslr Bekas 2018

Tips Membeli Kamera Dslr Bekas 2018
Nilai Artikel Ini

Tips Membeli Kamera Dslr Bekas – Ada beberapa jenis kamera yang saat ini meramaikan pasar kamera digital di Indonesia maupun dunia. Soal harga, sudah pasti antara kamera jenis satu dengan yang lainnya memiliki harga yang bervariasi disesuaikan dengan fitur dan bonus bawaan saat penjualannya.

Harga kamera kualitas terbaik yang mahal senantiasa menjadi kendala bagi sebagian orang yang hobi fotografi untuk membeli satu unit kamera demi mengakomodir kebutuhannya. Spesifikasi dan fitur kamera yang mumpuni tentunya tidak dijual begitu saja dengan harga murah. Hal ini berlaku untuk semua jenis kamera baik itu pocket kamera, digital camera, mirrorless, maupun DSLR.

Untuk mengakalinya, maka anda bisa mencoba untuk mencari kamera bekas demi memenuhi kebutuhan anda akan keberadaan kamera. Ada banyak sekali jenis kamera DSLR second atau bekas yang dijual di pasaran.

Berbagai macam alasan penjual disebutkan mengapa unit kameranya dipasang di etalase toko offline maupun toko online, seperti keinginan untuk upgrade ke seri yang lebih tinggi ataupun dijual demi alasan finansial.

Tips Membeli Kamera Dslr Bekas 2018

Tips Membeli Kamera Dslr Bekas 2018 Tips-Trick

Nah, bagi anda yang berniat untuk membeli kamera DSLR second, berikut ini kami berikan beberapa tips yang bisa anda ikuti dalam memilih kamera DSLR second yang berkualitas dan minim kekurangan. Langsung saja simak tipsnya di bawah ini :

Carilah Informasi Sebanyak Mungkin

Pertama tama, tentunya anda harus mencari informasi sebanyak dan selengkap mungkin seputar kamera DSLR. Anda bisa membuka situs fotografi di internet, membaca majalah fotografi, bertanya pada forum fotografi lokal, ataupun bertanya langsung pada teman dekat anda yang paham dunia fotografi.

Pelajari pula kelebihan dan juga kelemahan dari masing masing tipe kamera DSLR sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Pilih kamera yang tidak terlalu jadul agar fungsinya masih kompatibel dan jika rusak perangkatnya masih mudah untuk ditemukan penggantinya.

Usahakan Untuk Cod Guna Mengecek Barang Secara Langsung

Guna menghindari penipuan, utamanya saat belanja online, anda harus mengusahakan agar bertransaksi melalui COD atau Cash On Delivery. Saat COD tentunya anda bisa mengecek langsung kondisi kamera DSLR second yang dipilih.

Jangan lupa ajak juga teman anda yang sudah paham kamera agar anda tidak tertipu atau terlewat satu bagian yang akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Cek Fisik Body Kamera

Salah satu faktor yang mempengaruhi kerusakan komponen kamera adalah adanya cacat pada body luar kamera. Maka dari itu anda harus mengecek dengan baik dan benar body kamera, apakah ada retak atau pecah dan goresan lainnya.

Pastikan tanyakan kerusakan tersebut pada pengguna sebelumnya agar jelas dan tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Tes Fungsi Kamera

Anda juga harus mengecek fungsi dan fitur yang tersedia dari kamera DSLR second tersebut, mulai dari flash, hotshoe (slot untuk flash di atas kamera), slot baterai, memory card, karet karet kamera, pixel kamera, autofocus, lensa, tombol kamera, dan juga sensor kamera.

Jika semuanya dirasa masih normal dan berfungsi dengan baik maka anda harus mengecek pula shutter count dari kamera DSLR tersebut.

Periksa Shutter Count

Meskipun jumlah maksimal shutter count masih menjadi perdebatan dalam dunia fotografi, namun tidak ada salahnya anda berjaga jaga dengan mengecek shutter count kamera DSLR second yang akan anda beli.

Anda bisa melakukan cek shutter count dengan cara cara khusus yang tersebar di internet. Semakin sedikit shutter count yang telah dipakai, maka dapat disimpulkan kamera tersebut makin baik.

Cek Garansi Bila Masih Ada Dan Kelengkapan Kamera

Terakhir, pastikan jangka waktu garansi kamera jika memang masih ada serta kelengkapan dari kamera tersebut seperti baterai, charger, serta aksesoris lainnya. Pastikan juga fungsinya masih berjalan dengan baik dan normal serta layak pakai.

Demikian tips membeli kamera DSLR second dari kami, semoga membantu anda dalam memeriksa keadaan dan fungsi dari kamera DSLR second yang akan anda beli. Terimakasih.

Leave a Comment